Berbagi Cerita dan Kegiatan Program Internship Mahasiswa Jepang Very50 di Komunitas Green Earth (GE) Bogor, Indonesia
Bogor, 04-14 September 2011

Team Green Earth, MoG Members and Indonesian Students
Photo Credit: Kayoka Noda-Japan
Photo Credit: Kayoka Noda-Japan
10 hari Green Earth berproses dengan 8 orang MoG members dari Jepang dan 6 mahasiswa Indonesia. belajar sesuatu yang baru mengenai bisnis dan kegiatan dalam menumbuhkan kepedulian masyarakat Kampung Cisalopa dalam menjaga lingkungan. Presentasi kegiatan di Universitas Bina Nusantara dan Kementerian Lingkungan Hidup.
Itulah kegiatan selama intership MoG members Jepang di Komunitas Green Earth yang dilaksanakan mulai tanggal 04-14 Seotember 2011 di Bogor.
Kenapa MoG members jauh-jauh magang ke komunitas Green Earth??
Workshop Leadership dan social entrepreneur yang diselenggarakan oleh British Council dan dihadiri oleh beberapa negara yang ada di Asia- Afrika (Indonesia, Australia, Jepang, Korea, Vietnam dan Thailand) untuk anak muda terpilih yang memiliki kegiatan langsung dalam memberikan solusi untuk perubahan iklim dilingkungannya, menghantarkan komunitas Green Earth (salah satu perwakilan dari Indonesia) menjalin hubungan kerjasama dengan Very50 yaitu Lembaga Sosial Masyarakat dari Jepang.
Komunitas Green Earth adalah komunitas anak muda di Bogor yang berdiri pada bulan April 2009. Program yang dilakukan yaitu Pendidikan Lingkungan Hidup dengan fokus isu Pengelolaan Sampah. kegiatannya adalah mendatangi sekolah-sekolah dan pesantren juga kelompok ibu-ibu untuk memberikan pengetahuan dan skill tentang lingkungan dan pengelolaan sampah. saat ini, kami melakukan program pemberdayaan kelompok ibu-ibu pengajian dan remaja putri untuk pengelolaan sampah di Kampung Cisalopa Desa Pasir Buncir Kecamatan Caringin Kab. Bogor. dari kegiatan tersebut, komunitas Green Earth memiliki produk daur ulang yang dihasilkan dari aktifitas ibu-ibu pengajian dan remaja putri yang ada di Desa tersebut.
MoG singkatan dari “Manabi” on The Ground. Dalam bahasa Indonesia, “Manabi” artinya belajar merupakan salah satu program dari Very50. Program yang dilakukan yaitu menemukan tempat dimana ada kehidupan aktivitas sosial dan persoalannya, juga memikirkan bagaimana solusinya; MoG mengumpulkan remaja (mahasiswa) yang berumur 18 sampai 24 tahun yang ingin belajar bagaimana memecahkan masalah dan melihat apa yang terjadi di sekitarnya; Mahasiswa tersebut diberikan pelatihan oleh orang-orang terampil atau berpengalaman selama satu bulan. Dari pelatihan tersebut, Mahasiswa Jepang akan memiliki rencana pemecahan persoalan menurut mereka masing-masing. Program ini sudah dilakukan di Nepal, Bangladesh dan Jepang. Selanjutnya akan diselenggarakana di Indonesia.
Melihat komunitas Green Earth yang baru berkembang dengan segala tantangan dan peluang yang dimiliki, Very50 mengajak mahasiswa Jepang untuk magang di komunitas Green Earth. Selama melakukan kegiatan, mahasiswa dari Jepang akan didampingi oleh mahasiswa dari Indonesia.

Leadership Workshop “Developing Climate Solution – Entrepreneurial Approaches To Addressing Climate Challenges And Opportunities 2010” Hanoi, 22-26 November 2010
Photo Credit: Mai Tuan Dat-Vietnam
Photo Credit: Mai Tuan Dat-Vietnam
Kegiatan yang dilakukan selama magang
| No. | Hari/Tanggal | Activities |
| 1. | Sabtu/ 03 Sept’ 11 | Menjemput mahasiswa Jepang ke Hostel Borneo Jakarta |
| 2. | Minggu/ 04 Sept’11 | Perkenalan dan presentasi mahasiswa dari Jepang mengenai hasil analisis yang mereka lakukan untuk komunitas Green Earth, kemudian membagi kelompok menjadi 3 bagian berdasarkan analisis yang mereka lakukan yaitu: Company, Consument & Competitor ![]() Pembagian kelompok diskusi berdasarkan 3C analisys Photo Credit: Ryosuke Sugaya |
| 3. | Senin/ 05 Sept’11 | |
| 4. | Selasa/ 06 Sept’11 | |
| 5. | Rabu/ 07 Sept’11 | Diskusi mendalam mengenai analisis 3C dan 4P, menentukan nama produk (Brand), kunjungan dari Universitas Bina Nusantara (BiNus) ke komunitas Green Earth ![]() Diskusi kelompok Photo Credit: Nina Nuraniyah |
| 6. | Kamis/ 08 Sept’11 | Direct Selling di Kedai Telapak dan Café Pak Ewok ![]() Preparing to direct selling Photo Credit: Nina Nuraniyah ![]() Preparing to direct selling Photo Credit: Nina Nuraniyah |
| 7. | Jum’at/ 09 Sept’11 | Persiapan Event ![]() Presentasi tentang persiapan acara mulung sampah Photo Credit: Ryosuke Sugaya ![]() Diskusi semua anggota MoG Photo Credit: Nina Nuraniyah |
| 8. | Sabtu/ 10 Sept’11 | 1. Acara Mulung Sampah Sekitar Jalan Kampung Cisalopa, dengan melibatkan anak-anak SD Cinagara 3 dan MI Miftahul Huda 2. Pameran yang bertema Edukasi dan pengenalan komunitas Greenna kepada masyarakat Kampung Cisalopa. Pameran ini diselenggarakan di secretariat Greenna. ![]() Acara mulung sampah Photo Credit: Ryosuke Sugaya ![]() Permainan mengenal jenis samph Photo Credit: Nina Nuraniyah ![]() Presentasi tentang kegiatan Greenna Photo Credit: Ryosuke Sugaya |
| 9. | Minggu/ 11 Sept’11 | 1. Direct selling di Lido, taman Kencana dan Café Warung Taman 2. Sebagian kelompok mendiskusikan tentang pengadaan tong sampah di kampung Cisalopa 3. Pertemuan dengan remaja Kampung Cisalopa ![]() Direct selling Photo Credit: Ryosuke Sugaya ![]() Direct selling Photo Credit: Ryosuke Sugaya |
| 10. | Senin/ 12 Sept’11 | Direct Selling di Taman Kencana dan Café Pak Ewok Bogor ![]() Direct selling Photo Credit: Nina Nuraniyah ![]() Direct selling Photo Credit: Ryosuke Sugaya |
| 11. | Selasa/ 13 Sept’11 | Presentasi di Kampus Bina Nusantara (BiNus) Jakarta Barat ![]() Presentasi kegiatan di universitas BiNus Photo Credit: Nina Nuraniyah |
| 12. | Rabu/ 14 Sept’11 | 1. Berkunjung ke kantor Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) Jakarta 2. Perwakilan mahasiswa mempresentasikan materi tentang company, competitor dan consument ![]() Presentasi tentang salah satu analisis 3C yaitu Consument Photo Credit: Ryosuke Sugaya |
| 13. | Kamis/ 15 Sept’11 | Berkunjung ke kantor British Council di Jakarta |
Hal lain yang paling menarik?
Hal paling berharga yang saya dapatkan dari kegiatan ini adalah saya bisa belajar banyak tentang bisnis. mulai dari cara berfikir logic dengan menganalisis suatu kegiatan dengan pendekatan 3C (Company, Competitor dan Consument) dan 4P (Price, Place, Product and Promotion). selain itu, saya belajar mengenai bagaimana menjual produk langsung ke konsumen (direct selling). saya fikir ini adalah pengetahuan dan pengalaman yang sangat berkesan. ini adalah pengalaman pertama saya menjual langsung produk ke konsumen. Disela-sela istirahat, saya mendapat kesempatan untuk mendalami pengetahuan tentang logical thinking dalam bisnis yang dibawakan langsung oleh Ryosuke Sugaya (direktur very50)

Direktur Very50 sedang memberikan kuliah singkat tentang logical thinking
Photo Credit: Nina Nuraniyah
saya juga berkesan banget dan salut kepada MoG members yang tanpa mengenal lelah bersama mahasiswa Indonesia berdiskusi untuk menyelesaikan dan memberikan solusi untuk komunitas Green Earth. mereka berdiskusi dari pagi sampai pagi lagi yaitu sekitar jam 2-3 pagi. dan sekarang Green Earth sudah mempunyai nama produk yaitu Greenna.

Recycle Product
Photo Credit: Ryosuke Sugaya
Kesempatan ini tentu menjadi bekal berharga bagi saya dalam meningkatkan kemandirian lembaga dengan memaksimalkan produk daur ulang sebagai produk edukasi dan bisnis karena bisa dijual. yang paling penting adalah tindak lanjut setelah mereka pulang. ......selain itu menjadi bekal dalam mengembangkan aktivitas social dan juga dapat meningkatkan kapasitas personal saya untuk lebih powerful dalam membawa perubahan di negeri ini. Tapi perubahan tidak akan pernah datang jika tidak ada langkah pertama, dan ini yang kini sedang saya tempuh.
dan saya berharap dari berbagi pengalaman ini dapat memberikan tambahan informasi bermanfaat untuk teman-teman yang membacanya.


















Tidak ada komentar:
Posting Komentar